Joint Commission for Bilateral Cooperation (JCBC) antara Indonesia dan Viet Nam

Liputan News,Jakarta-Menteri Luar Negeri RI, Retno L.P. Marsudi bersama dengan Deputi Perdana Menteri / Menteri Luar  Negeri Viet Nam, Pham Binh Minh akan memimpin Pertemuan Kedua Joint Commission for Bilateral Cooperation (JCBC) RI–Viet Nam di Jakarta. 

Pertemuan yang didahului oleh Senior Official Meeting(SOM) pada 24 Juni 2015 dihadiri oleh delegasi kedua negara yang terdiri dari unsur-unsur Kementerian dan Lembaga teknis terkait.

Pertemuan JCBC RI–Viet Nam merupakan salah satu mekanisme utama untuk menggali berbagai peluang dalam upaya memperkuat hubungan bilateral kedua negara berdasarkan Kemitraan Strategis RI–Viet Nam.

Dalam pertemuan tersebut, kedua pihak membahas isu-isu terkait penguatan hubungan dan kerja sama bilateral RI–Viet Nam di berbagai bidang antara lain kerja sama bidang politik, pertahanan dan keamanan; kerja sama ekonomi dan perdagangan; kerja sama maritim; people-to-people contact; isu hukum dan kekonsuleran; serta isu regional dan multilateral.

Viet Nam adalah negara yang berkembang pesat dengan perekonomian yang dinamis. Peningkatan hubungan bilateral RI-Viet Nam menjadi Kemitraan Strategis yang dicapai dalam Joint Statement kedua Kepala Negara pada tahun 2013 menjadikan Viet Nam sebagai satu-satunya Mitra Strategis Indonesia di kawasan ASEAN. Pada tahun 2015 ini, RI–Viet Nam juga akan memperingati 60 Tahun Hubungan Diplomatik yang telah terjalin erat pada berbagai elemen masyarakat.

Pertemuan Kedua JCBC RI–Viet Nam akan mendorong koordinasi dan konsultasi yang lebih intensif antara instansi pemerintah kedua negara, parlemen, sektor swasta serta masyarakat guna melaksanakan hasil-hasil konkret kerja sama bilateral di berbagai bidang. 

Sumber: Kemenlu
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk " Joint Commission for Bilateral Cooperation (JCBC) antara Indonesia dan Viet Nam"