JANGAN PERNAH SEKALI-KALI ANDA MENIKAHI WANITA INI ? INILAH MENURUT IMAM GAZALI 6 TIPE WANITA YANG TIDAK BOLEH DINIKAHI MESKIPUN IA KAYA DAN CANTIK... {{ JIKA ANDA BERAGAMA ISLAM, MOHON BANTU SEBARKAN }}


Seorang laki-laki yang sudah memenuhi syarat untuk menikah dan siap secara lahir serta batin, diharapkan segera untuk menikah. Namun dalam hal ini, hendaknya para laki-laki dapat memilih wanita terbaik yang akan ia jadikan istri dan juga ibu untuk anak-anaknya kedepannya.

Dalam Ihya’ Ulumiddin bab Adab Nikah, Imam Al Ghazali memberikan nasehat kepada laki-laki muslim agar tak menikahi enam tipe wanita, yaitu : Al Annanah, Al Mananah, Al Hananah, Al Haddaqah, Al Barraqah, Serta Asy Syaddaqah.

Siapa saja yang termasuk dalam 6 type wanita menurut Imam Ghazali? Berikut ini penjelasannya :

Al Annanah 




Al Annanah adalah wanita yang suka mengeluh serta mengadu.

Menikahi wanita tipe ini membuat suami sulit mencapai sakinah dalam keluarga. Sebab suka mengeluh tak mendatangkan solusi apapun. Ia malah bisa kuras emosi suami. Sedangkan mengadu kerap merusak hubungan baik dengan sesama, baik kerabat maupun sahabat. Apalagi bila yang suka diadukan istri yaitu orang tua suami.


Al Mananah 




Al Mananah adalah wanita yang suka mengungkit-ungkit kebaikan dan jasanya.

Menikahi wanita tipe ini bikin seorang laki-laki terhambat menjalankan perannya sebagai pemimpin keluarga. Bila ia berbeda pendapat dengan istrinya, sang istri mengungkit kebaikan serta jasanya. Apalagi bila secara ekonomi sang suami “lebih rendah” dari istrinya.

Selain itu, mengungkit kebaikan berbahaya bagi kehidupan akhirat keluarga. Setiap keluarga muslim tentu menginginkan dapat masuk surga bersama-sama. Tetapi, perilaku mengungkit kebaikan mengancam terhapusnya pahala kebaikan itu. Jika pahala-pahala kebaikan terhapus, lalu apa bekal untuk masuk surga?


Al Hananah 




Al Hananah yaitu wanita yang suka menceritakan dan membanggakan orang di saat lalu.

Jika ia janda, ia membangga-banggakan mantan suaminya. Jika ia belum pernah menikah sebelumnya, mungkin ia membangga-banggakan ayahnya dan membandingkan dengan suaminya. Atau mungkin membangga-banggakan saudaranya atau temannya di hadapan suami.

Lebih parah lagi, bila ternyata ia pernah pacaran sebelum menikah dan membangga-banggakan pacarnya di hadapan suami.


Al Haddaqah 




Al Haddaqah adalah wanita yang keinginan belanjanya besar, mudah tertarik suatu barang atau produk, dan sukai meminta suami membelikan. Pendek kata, boros serta konsumtif.

Jika wanita-wanita type sebelumnya kuras emosi suami, wanita tipe ini menguras kantong suami. Meskipun suaminya orang yang kaya, boros tetap tak baik dan tak disukai agama.

Apalagi bila suaminya pas-pasan atau miskin. Betapa banyak suami yang akhirnya terperosok ke jalan haram gara-gara permintaan istri yang berlebihan.

Al Barraqah 

Imam Al Ghazali menjelaskan bahwa ada dua makna al Barraqah.

Pertama, ia yaitu tipe wanita yang suka berhias sepanjang hari. Meskipun demi tampil menawan di hadapan suami, berhias sepanjang hari termasuk sikap berlebihan.




Berlebihan dalam belanja kosmetik serta berlebihan dalam pemanfaatan saat yang mengabaikan bebrapa kewajiban yang lain. Apalagi bila niatnya bukan untuk suami.


Kedua, wanita yang tidak mau makan serta suka mengurung diri sendirian.




Dengan kata lain, ia tipe penyedih. Bagaimana keluarga dapat sakinah mawaddah wa rahmah bila sang istri suka berbuat demikian?


Asy Syaddaqah 




Asy Syaddaqah yaitu tipe wanita yang suka nyinyir serta banyak bicara.

Hampir setiap hal dikomentari serta komentarnya bukanlah komentar yang bermanfaat. Ada hal yang wajar saja dikomentari negatif apalagi bila ada kesalahan.

Menikahi wanita type ini, sulit untuk suami menemukan kedamaian karena semua sikapnya akan jadi sasaran komentar nyinyir sang istri.

Itulah 6 tipe wanita yang sebaiknya tak dijadikan istri atau pendamping hidup menurut Imam Ghazali. Semua itu untuk kebaikan serta ketentraman rumah tangga serta keluarga kelak. Bukankah tujuan menikah yaitu untuk ibadah? Oleh sebab itu, dalam memilih istri, sebaiknya yang dinilai pertama kali adalah akhlaknya. Semoga begitu, bakal terbina satu rumah tangga sakinah, mawaddah, wa rahmah. Amiin Yaa Rabbal Alamiin.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "JANGAN PERNAH SEKALI-KALI ANDA MENIKAHI WANITA INI ? INILAH MENURUT IMAM GAZALI 6 TIPE WANITA YANG TIDAK BOLEH DINIKAHI MESKIPUN IA KAYA DAN CANTIK... {{ JIKA ANDA BERAGAMA ISLAM, MOHON BANTU SEBARKAN }} "