Mengapa Rasulullah Memerintahkan Padamkan Lampu Ketika Kita Mau Tidur di Malam Hari ??? Inilah Alasannya...

Sebelumnya kita membahas penyakit yg disebabkan oleh tidur mendengkur ada baiknya kita ulas tentang aktifitas tidur namun kali ini tentang bahaya tidur dlm keadaan lampu menyala. Tidur merupakan satu rutinitas yg dilakukan oleh tiap-tiap orang didunia dimalam hari, karena dpt menentukan pada aktivitas yg bakal dilakukan pd siang harinya. Banyak sekali manfaat yg dpt di ambil dari tidur pd malam hari.




Dari sekian banyak manfaat tidur dimalam hari diantaranya adalah dpt mengistirahatkan jiwa serta raga kita setelah beraktivitas di siang harinya yg dpt dibilang padat. Model tidur orang-orang berbeda-beda, ada yg tidur dalam keadaan posisi lampu menyala, serta ada juga sebaliknya (lampu dalam keadaan mati). Dari hal itu apakah ada bahaya serta resiko yg bakal timbul dari tidur dalam posisi lampu menyala?

Keadaan lampu menyala dalam tidur malam bakal menimbulkan hal yg kurang baik untuk kesehatan tubuh kita. Yang dikarenakan, tidur dalam posisi lampu menyala akan menurunkan sistem kekebalan badan kita. Tips kesehatan kali ini akan mengetengahkan satu artikel tentang bahaya yang akan timbul pada badan kita akibat lampu menyala.

Jika kita tidur dalam posisi lampu menyala yakni akan menghambat produksi hormon melatonim yg ada didalam tubuh. Yang mana hormon melatonim yaitu hormon yg berkaitan dengan kekebalan didalam tubuh. Sehinggga sangat dianjurkan sekali untuk mematikan lampu pada saat tidur pada malam hari agar hormon melatonim ini bisa berproduksi didalam tubuh anda. Hormon melatonim ini bisa mencegah berbagai penyakit pada badan anda termasuk kanker payudara maupun kanker prostat.

Tidur dengan lampu menyala bakal menyebabkan merangsangnya pembentukan sel kanker didalam badan. Oleh karena itulah, sangat serta sangat dianjurkan untuk mematikan lampu waktu proses tidur pada malam hari. Serta itu merupakan solusi yang paling bagus serta mudah sekali untuk mencegah datangnya penyakit kanker di dalam tubuh.

Menyalakan lampu pada saat berjaga dimalam hari, itu juga sangat tak dianjurkan sekali, karena paparan jangka pendek dari lampu menyala itu bisa meningkatkan resiko penyakit kanker di dalam tubuh kita.

Dari sekian tips diatas semoga cepat ditangkap oleh pembaca agar cepat dimengeti serta dipraktekan secara langsung, mengingat resiko yg bakal timbul pada tubuh kita yang sangat berbahaya sekali. Mana ada seseorang yg pingin terkena penyakit kanker yg tumbuh didalam tubuh, yg secara otomatis dpt membahayakan raga kita. Maka dari itulah cepat-cepat lah meninggalkan kebiasaan tak mematikan lampu pada saat tidur berlangsung dimalam hari.

Hadits-hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam Tentang Masalah Ini

Nabi kita yg tercinta, Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam telah memperingatkan kt tentang bahaya lampu, apabila kt membiarkannya menyala saat kt tidur. Serta peringatan dari Nabi itu ada dalam banyak riwayat, di antaranya ada yg disebutkan alasan dari peringatan itu, yaitu khawatir terjadi kebakaran, serta sebagiannya lagi tak disebutkan alasan dari perintah memadamkan lampu di malam hari, agar perintah itu berlaku umum, serta sebagai bentuk kasih sayang Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam kpd seluruh makhluk di setiap tempat serta zaman. Di antara hadits-hadts itu yaitu sebagai berikut :

Riwayat-riwayat yg disebutkan di dalamnya alasan untuk memadamkan lampu saat hendak tidur di malam hari.

1. Dari Abu Musa radhiyallahu ‘anhu, dia berkata : “Pada satu malam terjadi kebakaran di salah satu rumah penduduk di Madinah (saat penghuninya tertidur). Lalu hal itu diceritakan pada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Beliau bersabda : ” Sesungguhnya api ini adalah musuh kalian, karena itu apabila kalian hendak tidur, jadi padamkanlah ia lebih dulu. ” (HR. al-Bukhari)

2. Dari Jabir bin Abdullah radhiyallahu ‘anhuma dia berkata ; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda : “Tutuplah tempat air kalian, pintu rumah kalian, serta matikanlah lampu-lampu kalian, karena bisa jadi tikus bakal menarik sumbu lampu sehingga mengakibatkan kebakaran yang menimpa para penghuni rumah. ” (HR. al-Bukhari)

3. Dari Jabir bin Abdullah radhiyallahu ‘anhuma bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersada : “Tutuplah oleh kalian bejana-bejana, rapatkanlah tempat-tempat minuman, tutuplah pintu-pintu, serta matikanlah lampu, karena setan tak bisa membuka ikatan tempat minum, pintu, serta bejana. Jika kalian tidak mendapatkan penutupnya kecuali dengan membentangkan sepotong batang kayu kecil diatas bejananya serta menyebut nama Allah, jadi lakukanlah. Karena tikus bisa merusak pemilik rumah dengan membakar rumahnya. ” (HR. Muslim)

4. Dari Jabir bin Abdullah radhiyallahu ‘anhuma bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersada : “Tutuplah oleh kalian pintu rumah, ikatlah kantong air tempat minuman, tutuplah bejana-bejana, serta matikanlah lampu, karena setan tak bisa buka pintu terturup, melepas ikatan tempat minum, serta buka bejana. Serta sesungguhnya tikus bisa merusak pemilik rumah dengan membakar rumahnya. ” (HR. imam Malik dalam al-Muwatha’ serta at-Tirmidzi dalam Sunan-nya serta dishahihkan oleh al-Albani rahimahumullah)

Serta masih ada lagi beberapa riwayat yang lain.

Riwayat-riwayat yang tidak disebutkan di dalamnya alasan untuk memadamkan lampu saat hendak tidur di malam hari.

1. Dari Jabir bin ‘Abdullah radhiyallahu ‘anhu, dia berkata : “Padamkanlah lampu-lampu di malam hari pada saat kalian tidur di malam hari, kuncilah pintu serta tutuplah bejana, makanan serta minuman. ” (HR. al-Bukhari)

2. Dari Jabir radhiyallahu ‘anhuma bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersada : “Apabila malam telah datang (setelah matahari tenggelam), tahanlah anak-anak kalian (dari keluar rumah), karena setan bertebaran saat itu. Apabila sudah berlalu sesaat dari saat ‘Isya biarkanlah mereka, tutuplah pintumu, serta matikanlah lampu dan sebutlah nama Allah (mengucapkan bismillah pen) …” (HR. Al-Bukhari)

Penjelasan Hadits

Al-Hafizh Ibnu Hajar rahimahullah berkata di dalam Fathul Bari, menukil perkataan dari imam al-Qurthubi rahimahullah : ” Perintah serta larangan dalam hadits ini yaitu bentuk bimbingan (pengarahan). ” Beliau mengatakan : ’ Serta mungkin juga bermakna saran (sunnah) ’ Dan imam Nawawi rahimahullah menegaskan kalau hal semacam tersebut yaitu sebagai bimbingan, karena hal itu yaitu untuk kemaslahatan duniawi. ’ Tetapi dikomentari bahwasanya hal itu terkadang bisa mendatangkan maslahat secara agama, yaitu penjagaan pada jiwa yg haram untuk dibunuh, serta penjagaan pada harta yang diharamkan untuk dihambur-hamburkan.

Dalam hadits-hadits ini disebutkan kalau seseorang jika tidur seorang diri, serta di dalam rumhanya ada api, jadi wajib untuk dia untuk memadamkannya sebelum tidur, atau melakukan sesuatu yang membuatnya aman dari kebakaran. Demikian juga bila di dalam rumah ada sekelompok orang, jadi harus atas sebagaian mereka (memadamkannya), serta yg paling berkewajiban yaitu yang paling terakhir tidur. ”

Pandangan Ilmuwan Modern

Para ilmuwan saat ini bicara tentang polusi sinar pd malam hari, dan berbicara tentang bahaya terkena sinar yg berlebih, terutama waktu tidur.

Satu riset ilmiyah terbaru menegaskan kalau tetap menyalanya lampu pd waktu tidur bakal mempengaruhi proses biologis yg ada didalam otak manusia, serta hal tersebut akan menyebabkan bebrapa gangguan yg mengakibatkan kegemukan. Oleh karena itu para ilmuwan berpesan agar kt selalu mematikan lampu pada malam hari dalam rangka memelihara kesehatan tubuh serta otak. Serta Subhanallah, pesan yg baru diketahui oleh para ilmuwan pada era 21, telah disampaikan sebelumnya oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam sejak 14 era yg lantas. Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda dalam hadits shahih : “Padamkanlah lampu-lampu di malam hari ketika kalian tidur di malam hari, kuncilah pintu serta tutuplah bejana, makanan serta minuman. ” (HR. al-Bukhari)

Sekian dari saya semoga bermanfaat untuk kita serta orang lain, serta digunakan sebagaiman mestinya. Aamiin.

Sumber : http :// www. sehatalamiah. xyz/2014/08/resiko-dan-bahaya-tidur-dalam-keadaan. html
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Mengapa Rasulullah Memerintahkan Padamkan Lampu Ketika Kita Mau Tidur di Malam Hari ??? Inilah Alasannya..."