PENEMUAN TERBARU: BAGIKAN KE PUBLIK,.!! AGAR SEMUA TAU GEMBILI MIRIP UBI ALTERNATIF PENGGANTI NASI BAGI PENDERITA DIABETES

Saat saya tengah belanja di tukang sayur langganan, pandangan saya tertuju pada benda yang serupa ubi di keranjang dagangannya. Seperti ini penampakannya. “Apa ini Yuk? ”Gembili Serupa Ubi Yang Bermanfaat Bertanya saya menginginkan tahu.



Oh, itu Gembili Bu. Kata beberapa orang enak Bu” Lantaran penasaran Saya juga membelinya. Hingga dirumah segera saya kukus hingga masak. Nyatanya rasanya unik, serupa ketela hanya tidaklah terlalu manis, jadi serupa kentang menurut saya. Lantaran tengah diet Penasaran juga menginginkan tahu kandungan nutrisi dari tanaman ini. Banyak riset mengungkap kalau umbi-umbian termasuk juga gembili mempunyai glikemik indeks tinggi di banding nasi, hingga baik sebagai makanan alternatif untuk penderita diabetes.

Gembili yaitu type umbi yang merambat dengan daun berwarna hijau serta batang agak berduri. Buahnya mirip ubi jalar dengan ukuran sebesar kepalan tangan orang dewasa. Berwarna coklat muda dengan kulit tidak tebal. Umbinya cukup besar. Kulit umbinya agak getas, namun tidak


tebal seperti kulit kayu. Umbi gembili jika dikukus atau di rebus begitu gurih, empuk, gembur, serta enak. Gembili juga tak beracun seperti gadung, juga tak gatal seperti talas.

Beberapa orang dahulu kebanyakan jadikan tanaman umbi-umbian sebagai tandon makanan di saat paceklik. Umbi gembili tahan disimpan cukup lama. Ditempat terbuka, gembili bakal awet 2-3 bln.. Tanaman ini begitu produktif. Satu butir umbi gembili dapat membuahkan 10-20 kg umbi sepanjang kurang lebih 6 bln.. Ada beragam jenis gembili, yakni gembili gajah, gembili teropong, gembili ketan, gembili srewot, serta gembili wulung.

Setiap 100 gr gembili mengandung :

Protein = 1, 5 gr
Lemak = 0, 1 gr
Karbohidrat = 22, 4 gr
Kalsium = 14 mg
Fosfor = 49 mg
Zat Besi = 1 mg
Vitamin A = 0 IU
Vitamin B1 = 0, 05 mg
Vitamin C = 4 mg
Sumber Info Gizi : Bermacam publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan sumber lainnya.
http://health-terupdate.blogspot.co.id/2016/02/penemuan-terbaru-bagikan-ke-publik-agar.html
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "PENEMUAN TERBARU: BAGIKAN KE PUBLIK,.!! AGAR SEMUA TAU GEMBILI MIRIP UBI ALTERNATIF PENGGANTI NASI BAGI PENDERITA DIABETES"