( KISAH NYATA ) BAHAYA RUMPUT FATIMAH,,MOHON DISEBARLUASKAN INFORMASI INI, SAYA DAN ANDA SEMUA MEMPUNYAI TANGGUNG JAWAB UNTUK MENYAMPAIKAN INFORMASI INI KEPADA SIAPA PUN KARENA INFORMASI INI BISA `MENYELAMATKAN` NYAWA SESEORANG.


Malapetaka Si Cantik Fatimah Labisa Pumila di Banyumas (True Story)
by Dr. Suryo Bawono, SpOG

Saya akan bercerita diantara momen yang pernah saya alami. Waktu itu saya tengah berdinas di RSUD Banyumas, di Jawa Tengah. Sebagai deskripsi, RSUD Banyumas waktu itu yaitu rumah sakit negeri yg cukup disukai pasien dengan kebersihan setara hotel berbintang.

Saya terima pasien yg datang dengan kehamilan pertama, umur kehamilan 9 bln. serta sudah mulai masuk persalinan dengan kontraksi rahim yg teratur dan pembukaan 2 cm kurang lebih jam 7-8 pagi. Hasil perekaman jantung janin perlihatkan kalau janin dalam keadaan baik dan dapat lakukan persalinan. Berhubung pembukaan masih kecil, jadi pasien diistirahatkan di kamar sambil menanti pembukaan bertambah.

Saat itu saya full day tinggal di rumah sakit 24-7 dengan kata lain 24 jam dan 7 hari. Saat saya tengah istirahat sore jam 7an malam, mendadak saya dikagetkan berita dari bidan jagalah yg memberitahukan kalau pasien itu kesakitan dan saat dikerjakan perekaman jantung nyatanya denyut jantung sudah tak ada dengan kata lain janin sudah meninggal. Suami pasien dan keluarga pasien sebagian geram dan menyalahkan saya serta perlakuan yang diberikan.

Waktu saya kerjakan kontrol, saya temukan kondisi yg tak lumrah. Pembukaan masih 2-3 cm dengan kontraksi yg sangat kuat yang seperti kontraksi pada pembukaan 8-9 cm. Saya terasa tentu ada yg tidak beres, saat saya tanyakan ke keluarganya, adakah diberikan `sesuatu` awalannya mereka tidak mengakui. Saya minta bidan saya mengecek ke kamar pasien adakah yang mencurigakan sambil saya senantiasa menguimpulkan informasi dari keluarga pasien.


Mereka tetap masih berupaya menyalahkan perlakuan rumah sakit atas meninggalnya janin itu. Namun selanjutnya bidan jaga menemukan ada rendaman `rumput` dan gelas di kamar pasien, dan barulah keluarga pasien itu mengaku.

Ternyata pasien sudah diberikan minuman rendaman rumput fatimah saat di kamar rawatan, dan ini di luar pengetahuan dokter. Seperti kita ketahui kalau `rumput fatimah` (Labisa pumila) datang dari Timur Tengah dan mempunyai sebutan lain seperti Kaf Mariyam (bhs arab) yang berarti `telapak tangan mariyam`, dan beberapa orang barat menyebutnya sebagai Mawar Jericho. Tanaman ini mempunyai dampak uterotonik dengan kata lain bisa mengakibatkan kontraksi rahim. Kontraksi rahim yang ditimbulkannya bisa menyebabkan persalinan, oleh karena itu beberapa orang menggunakan tumbuhan ini untuk `memperlancar persalinan`. Walau demikian ukuran dosis tak dapat di yakinkan, dengan hal tersebut batas aman juga sulit ditetapkan. Kalau satu zat bisa menyebabkan kontraksi, jadi dalam kandungan rendah bisa `memperlancar persalinan`. Tetapi pada kandungan yg tinggi ada bahaya yg mengintai, yaitu dapat menyebabkan kontraksi yang berlebihan atau over (arti medisnya : hiperstimulasi). Kondisi berikut yang sangat memiliki resiko karena bisa mengakibatkan janin tidak dapat hingga dapat meninggal, atau bahkan rahim yg tak mampu hingga bisa robek dan menyebabkan wafatnya ibu dan janin.

Oleh sebab itu, saya senantiasa himbau untuk semuanya pasien, keluarga pasien, kenalan, rekan, tetangga dan sebagainya agar menebarluaskan bahaya si cantik Fatimah ini. Jangan sampai sekali-kali konsumsi rumput Fatimah ini saat janin masih didalam perut, namun apabila bayi telah lahir, silahkan saja ingin minum seberapa banyak anda menginginkan akan tidak ada permasalahan.

Mohon disebarluaskan info ini, saya serta anda semuanya memiliki tanggung jawab untuk mengemukakan info ini pada siapa juga karena info ini dapat `menyelamatkan` nyawa seorang.

Sumber : vvanita. blogspot. com
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk " ( KISAH NYATA ) BAHAYA RUMPUT FATIMAH,,MOHON DISEBARLUASKAN INFORMASI INI, SAYA DAN ANDA SEMUA MEMPUNYAI TANGGUNG JAWAB UNTUK MENYAMPAIKAN INFORMASI INI KEPADA SIAPA PUN KARENA INFORMASI INI BISA `MENYELAMATKAN` NYAWA SESEORANG."